GENERASI NEWS

Kategori

Jaga Kesehatan Dengan Rutin Berolahraga


Medan,Expose,- Meski hujan namun animo masyarakat mengikuti senam jantung sehat cukup tinggi di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (12/11). Seribuan warga bersama Ketua TP PKK Kota Medan sekaligus Ketua Umum Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Utama Sumut Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin SH dengan penuh semangat mengikuti senam yang manfaatnya sangat baik untuk kesehatan jantung tersaebut.                                                                                  

            Seperti biasa, pelaksanaan senam jantung sehat ini dipandu oleh sejumlah instruktur yang terlatih. Gerakan yang ditampilkan para instruktur ini dibuat khusus dengan tujuan menjaga performa jantung sehingga dapat mengambil oksigen sebanyak-banyaknya agar kadar oksigen dalam dapat tubuh terpenuhi.

            Agar manfaatnya lebih terasa, senam jantung sehat lebih baik dilaksanakan rutin 3 kali dalam seminggu dengan durasi waktu 30 menit. Namun untuk saat ini Pemko Medan bekerjasama dengan YJI Cabang Utama Sumut  baru menggelarnya seminggu sekali.Meski demikian animo masyarakat yang mengikutinya cukup tinggi, terutama  paro baya.

            Hj Rita Maharani menjelaskan, seiring bertambahnya usia seseorang, performa jantung akan berkurang dengan sendirinya.  Untuk itu diperlukan upaya untuk mengatasinya, salah satunya dengan mengikuti senam jantung sehat. “Jika dilakukan dengan rutin, insya Allah dapat menjaga performa jantung kita,” kata Hj Rita.

Selain memperbaiki denyut nadi, senam jantung juga memperlancar peredaran darah yang intinya bertujuan untuk meyehatkan jantung. Di samping itu mengurangi penyumbatan pembuluh darah yang disebabkan oleh timbunan lemak maupun kolesterol. Oleh karena itu Hj Rita tak pernah bosan menghimbau sekaligus mengajak masyarakat untuk meluang waktunya mengikuti senam jantung sehat di Lapangan Merdeka setiap Minggu pagi.

            “Alhamdulillah, berkat  sosialisasikan yang terus kita lakukan, masyarakat  semakin tertarik mengikuti senam jantung sehat. Tampaknya masyarakat mulai menyadari akan pentingnya kesehatan jantung,” ungkapnya.

            Selain seribuan masyarakat, senam jantung sehat juga diikuti pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan, camat serta lurah. Senam jantung sehat ini merupakan rangkaian kegiatan Car Free Day (CFD).  Di samping mengajak masyarakat untuk mengurangi polusi yang disebabkan emisi gas buang kenderaan bermotor, melalui CFD juga diharapkan masyarakat gemar berolahraga.

            Sementara itu Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi juga terus menghimbau kepada seluruh warga untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dengan rutin berolahraga. Wali Kota optimis dengan rutin berolahraga, warga akan sehat dan bugar sehingga dapat menjalankan aktifitas sehari-hari dengan baik.

            “Mari kita jaga kesehatan dengan rutin berolahraga. Selain itu terapkan pola hidup yang sehat  dalam kehidupan sehari-hari dan selalu menjaga kebersihan lingkungan agar kita terhindari dari penyakit. Sebab, lebih baik mencegah dari pada mengobati<’ pesan Wali Kota. (Aden)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *