GENERASI NEWS

Kategori

AkhyarSerahkan Kartu KuSuka & BPAN Kepada Nelayan

Memperingati Hari Nusantara ke 19 Tingkat Kota Medan Tahun 2019, Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menyerahkan Kartu Usaha Pelaku Perikanan (KuSuka) dan Kartu Bantuan Premi Asuransi Nelayan (BPAN) kepada para nelayan di UPT Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI), Jalan Chaidir, Kelurahan Nelayan Indah, Kecamatan Medan Labuhan, Selasa (3/12).

                 Selain menyerahkan KuSuka dan BPAN, Plt Wali Kota juga menyerahkan peralatan kebersihan dan tumbler (botol air minum isi ulang) kepada lurah sebagai bentuk ajakan agar peduli kebersihan lingkungan serta pengurangan sampah plastik. Diharapkan, pemberian KuSuka dan BPAN dapat membantu tugas dan memberi jaminan keselamatan bagi nelayan saat mencari ikan di lautan.

                 Peringatan Hari Nusantara oleh Pemko Medan melalui Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan ini menjadi momentum mengingatkan bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki wilayah  lautan yang utuh dan berdaulat. Selain itu juga, momentum perekat rasa persatuan dan kesatuan seluruh masyarakat Indonesia yang dihubungkan oleh pulau-pulau dari Sabang hingga Merauke serta meningkatkan wawasan nusantara khususnya bagi generasi muda.

                Dalam sambutannya, Plt Wali Kota mengatakan esensi Hari Nusantara sesungguhnya adalah kesatuan dan persatuan Indonesia yang diikat pulau-pulau yang terbentang dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia. "Kita bukan dipisah oleh pulau justru diikat dan dihubungkan antar pulau. Pemahaman itu yang harus kita tanamkan bersama sehingga semakin erat dan kuatlah rasa persatuan dan kesatuan kita," kata Plt Wali Kota.

                 Di hadapan masyarakat dan para nelayan, Plt Wali Kota mengajak agar menjaga wilayah laut yang menjadi sentra mata pencaharian sehari-hari. Hal tersebut diwujudkan dengan tidak membuang sampah sembarangan ke parit, sungai dan laut. "Selama ini kita menganggap laut sebagai teras belakang yang dirasa tidak perlu dijaga. Mindset ini yang harus kita ubah. Mulai sekarang jadikan laut sebagai beranda atau teras depan rumah bagi kita sehingga kita senantiasa menjaga kebersihannya karena laut bukanlah tempat sampah," serunya.

Selanjutnya, Plt Wali Kota mengungkapkan bahwa nantinya Badan Nasional Penanggulangan Bencana  (BNPB)  di tahun anggaran 2020 melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan akan membantu masyarakat memperbaiki tanggul rusak. Dengan harapan, nantinya dapat menjaga dan melindungi masyarakat dalam beraktifitas.

 "Insya Allah, jika tanggul telah diperbaiki masyarakat dapat lebih merasa aman dan nyaman. Selain itu, sebanyak 2500 nelayan kita juga telah diasuransikan oleh Pemko Medan. Semoga apa yang diberikan dapat bermanfaat bagi kita semua khususnya bagi para nelayan. Mari kita rawat, jaga dan lestarikan bersama bahari kita," ajaknya.

                 Acara yang mengusung tema "Menumbuh kembangkan Rasa Cinta Bahari Pada Generasi Muda" ini diisi dengan berbagai perlombaan di antaranya lomba memancing, lomba menghias kapal serta lomba pacu jalur (balap perahu dayung). Selanjutnya, Plt Wali Kota bergerak menuju pinggir laut untuk melepas peserta balap perahu dayung.

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *