GENERASI NEWS

Kategori

Kapoldasu Perintahkan Tingkatkan Kewaspadaan Pengamanan Natal dan Tahun Baru

Tingkatkan Kewaspadaan Pengamanan Natal dan Tahun Baru


Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin memerintahkan seluruh jajarannya untuk tetap meningkatkan kewaspadaan dalam melakukan pengamanan menyambut Perayaan Natal 25 Desember 2019, dan Tahun Baru 1 Januari 2020.

“Kita juga sudah memberikan petunjuk dan arahan kepada seluruh jajaran supaya tetap meningkatkan pengamanan namun tidak mengurangi kewaspadaan dalam melakukan pengamanan di masyarakat,” ujar Martuani Sormin kepada wartawan di Medan, Minggu (22/12/2019) malam.

Mantan Kapolda Papua ini mengatakan, situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di kabupaten maupun kota di Sumut, masih tetap aman dan kondusif. Polda Sumut bekerjasama dengan TNI, pemerintah, organisasi masyarakat (Ormas) dan elemen masyarakat di daerah tersebut.

“Mulai Senin ini, kita menggelar Operasi Lilin Toba untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat, dengan sasaran dan target pengamanan dilakukan di setiap gereja, pusat perbelanjaan seperti mal, pasar, bank, supermarket, tempat rekreasi, terminal bus, pelabuhan hingga bandara,” katanya.

Untuk lokasi pariwisata Danau Toba, yang dipastikan ramai dikunjungi masyarakat, Kapolda Sumut sudah melakukan pengecekan kesiapan angkutan kapal penyeberangan dan pengamanan di sejumlah pelabuhan di Samosir dan Simalungun, saat menyambut Natal dan Tahun Baru 2020.

“Saya minta Kapolres Samosir, AKBP Muhammad Saleh maupun anggota, bersama pemerintah kabupaten maupun dinas perhubungan, supaya benar – benar mengawasi muatan dan penumpang kapal. Jangan sampai dibiarkan kapal overload membawa penumpang,” tegasnya.

Oleh karena itu, sambung jenderal bintang dua tersebut, petugas harus mengawasi setiap penyeberangan di setiap pelabuhan. Jangan sampai peristiwa tenggelamnya KM Sinar Bangun, terjadi lagi. Selain itu, nakhoda wajib memperhatikan kelayakan saat berlayar, kapal wajib dilengkapi surat izin berlayar.

Kemudian, setiap kapal wajib melengkapi life jaket untuk seluruh penumpang, dilarang mengangkut penumpang dan barang melebihi kapasitas, penumpang dan barang harus sesuai manifest dan nakhoda wajib mempedomani cuaca saat akan berlayar melakukan penyeberangan.(vid)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *