GENERASI NEWS

Kategori

Ketua DPW Al-Ittihadiyah Sumut Dr.H. Muhammad Hasbie Ashshiddiqi, S.Ag., M.M Jelang Penetapan Rektor UIN-SU " Pemimpin Harus Mampu Berkolaborasi Dan Bersinergi Dengan Seluruh Jajarannya "


Generasinews.com,Medan – Menjelang usulan calon Rektor UIN-SU Medan kepada Kementerian Agama banyak asumsi dari kalangan pemerhati pendidikan dan akademisi yang meragukan proses penetapan rektor. 

Sebagaimana yang publik ketahui bahwa saat ini bakal calon Rektor yang berjumlah 15 orang tersebut telah mendapatkan pertimbangan kualitatif dari senat dan hasilnya sudah disampaikan ke Kementrian Agama yang diterima langsung oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam. 


Banyak yang berharap kepada Rektor yang ditetapkan oleh Kementerian Agama nantinya mampu menjawab keraguan dari berbagai kalangan dalam hal kepemimpinan di UIN-SU, mengingat beberapa kejadian kasus negatif yang menerpa rektor UIN-SU beberapa periode belakangan tersebut menimbulkan rasa pesimis dari berbagai kalangan. 


Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Al-Ittihadiyah Sumatera Utara Dr. H. Muhammad Hasbie Ashshiddiqi, S.Ag., M.M., M.Si yang juga merupakan alumni program Doktor  UIN-SU mengatakan untuk menjadi orang nomor satu di UIN Sumatera Utara, bukan hanya sekedar mampu dan berpengalaman mengajar mahasiswa di kampus,Tetapi lebih dari itu dan harus memiliki wawasan dan berpengalaman memimpin sebuah organisasi atau lembaga.

Menurut Hasbie memimpin sebuah organisasi atau lembaga itu memiliki seni tersendiri dan tentu tidak sama seperti mengajar didalam kelas yang terkadang mahasiswa itu terbatas mengeluarkan ekspresinya karena kesungkanan terhadap dosen dan khawatir juga terhadap nilai yang bersangkutan nantinya. 

Berbeda dengan memimpin sebuah organisasi dan lembaga, sebagai pemimpin harus mampu berkolaborasi dan bersinergi dengan seluruh jajaran nya, agar organisasi yang dipimpin dapat berjalan satu komando dan sesuai dengan visi misi yang telah ditetapkan. 

Oleh karena itu DPW. Al-Ittihadiyah Sumatera Utara berharap kepada Kementerian Agama agar memperhatikan beberapa hal diantaranya:

1. Rektor yang dipilih memiliki kemampuan manajerial, bukan karena faktor kebiasaan dari salah satu fakultas.

2. Bukan karena faktor ormas islam tertentu sehingga menyampingkan aspek normalitas dan kemampuan lainnya. Kita tau UIN-SU bukan hanya mewakili satu organisasi atau lembaga saja melainkan mewakili semua ormas dan lembaga.

3. Memiliki rekam jejak yang baik yang dibuktikan dengan tidak adanya penyalahgunaan jabatan yang pernah diemban dan tidak adanya konflik yang pernah terajdi dengan sesama  rekan kerja ataupun konflik yang pernah terjadi dengan sesama  rekan kerja ataupun jajarannya.(**)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *