GENERASI NEWS

Kategori

Kasus Pohon Tumbang Harus Ditanggapi Serius Oleh Pemko

Peristiwa pohon tumbang yang terjadi pada Jum’at (19/7/19) sore kemarin di Jalan Imam Bonjol simpang Jalan Sudirman dekat Gereja HKBP Sudirman, harus ditanggapi serius oleh Pemerintah Kota Medan. Sebab, diketahui Jalanan di Kota Medan banyak ditumbuhi pepohonan yang besar dan sudah tua yang memiliki usia diatas puluhan bahkan ratusan tahun.


“Kita tidak ingin masyarakat Kota Medan ketika melintasi Jalanan di Kota Medan seperti Jalan Sudirman, Jalan Putri Hijau, Jalan Imam Bonjol, Jalan Katamso, Jalan Pulau Pinang, Jalan Balai Kota dihantui pohon tumbang saat hujan turun di sertai angin kencang. Karena dibeberapa Jalan tersebut diketahui usia pepohonannya banyak sudah tua, sehingga perlu perawatan khusus agar tidak terjadi lagi pohon tumbang yang bisa memakan korban warga kota Medan,” terang Paul Mei Anton Simanjuntak, SH kepada Wartawan, Sabtu (20/7/2019) saat di minta tanggapannya terkait pohon tumbang yang menimpah seorang warga Jalan Kolonel Yos Sudarso Lingkungan VII, Kelurahan Besar Kecamatan Medan Labuhan Kota Medan yang saat ini masih dirawat intensif di rumah sakit Elisabeth Medan dan brlum sadarkan diri.

Paul menambahkan, Dinas Pertamanan Kota Medan seharusnya melakukan pemantauan dan mengawasi terhadap pohon-pohon yang diketahui rawan tumbang akibat sudah tua, sebab, jika terjadi pohon tumbang jangan mencari alasan akibat angin kencang dan bencana alam.

“Kita ketahui, akibat pembangunan yang pesat di Kota Medan, kemungkinan akar-akar pepohonan tidak lagi maksimal mencakup nutrisi air dari dalam tanah sehingga bisa saja menyebabkan lemahnya akar pohon dan berpengaruh kepada batang pohon yang membuat pohon lama-kelamaan bisa tumbang dan menimpa pengguna jalan di bawahnya,” ungkap Paul yang saat ini duduk di Komisi D (IV) DPRD Kota Medan Daerah Pemilihan 3 dari Partai PDI Perjuangan Kota Medan.

Paul menegaskan, agar Kepala Dinas Pertamanan dan Kebersihan Kota Medan tegas mengintruksikan Kabid Pohon Dinas Pertamanan Kota Medan untuk mengecek dan memberikan perawatan serta pemantauan terhadap pohon-pohon yang diketahui sudah tua dan rawan tumbang.

Kasus yang menimpa warga Kecamatan Medan Labuhan, tambah Paul, siapapun tidak ada yang menginginkan terjadi, namun saat terjadi pohon tumbang dan menimpa rumah penduduk, warga pengguna jalan, apalagi sampai memakan korban jiwa, tanggungjawab siapa, jangan nanti setelah ada kejadian dan korban, barulah dinas pertamanan sibuk untuk melakukan perawatan. ” Ini menyangkut nyawa masyarakat, sebaiknya Dinas Pertamanan sudah harus mampu mendeteksi mana pohon yang perlu diawasi atau jika memang perlu dilakukan pemangkasan terhadap pohon,” terangnya.

Politisi dari Partai PDI perjuangan Kota Medan ini juga meminta agar Dinas Pertamanan Kota Medan segera memangkas pohon-pohon yang diketahui sudah rindang, dibeberapa jalan seperti di Jalan Brigjend Katamso, Seputaran Jalan Sudirman, Jalan Putri Hijau yang mana diketahui sudah ada ranting pohon melewati badan Jalan. Karena keberadaan ranting pohon tentunya sangat mengganggu dan membuat kawatir pengguna jalan. ” Warga tentunya takut tiba-tiba ranting pohon patah dan menimpa mereka,” tegasnya.

Diakhir wawancara awak media, Paul berharap agar Kepala Dinas Pertamanan Kota Medan belajar dari daerah lain tentang bagaimana cara merawat pepohonan agar tetap tumbuh kuat dan terawat, karena diketahui ada anggaran yang digelontorkan Pemko Medan untuk biaya perawatan pohon termasuk melakukan pemangkasan pepohonan di Kota Medan.

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *