GENERASI NEWS

Kategori

Laporan 21 camat Pada Pembahasan LPj

Ketua DPRD Medan Henry Jhon Hutagalung, SE.,SH.,MH mengatakan, anggaran Kecamatan di Kota Medan Rp.13-22 miliar per tahun. Dari 21 Kecamatan cuma Kecamatan Medan Polonia yang anggarannya Rp.13 miliar. Jumlah tersebut sudah besar, karena masih ada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) anggarannya Rp.10 miliar.


Meski anggarannya besar, namun menurut Henry Jhon, kinerja kecamatan biasa-biasa saja. Sepertinya tidak menggambarkan bahwa Camat itu ujung tombaknya Pemko. Merekalah yang mengetahui seluk-beluk kota mulai pinggiran sampai inti kota.

“Mereka adalah manajemen lini tengah pemerintahan, artinya camatlah pemimpin yang menentukan keberhasilan pembangunan di satu kota atau kabupaten,” kata Henry Jhon kepada Wartawan menyinggung laporan 21 Camat pada pembahasan Laporan Pertanggungjawaban (Lpj) Wali Kota Medan, Senin (15/7/2019) di DPRD Kota Medan.

Menurut politisi PDI Perjuangan ini, kebesaran nama seorang Camat tidak menonjol dari prestasinya. Keberadaan mereka seperti tidak dirasakan masyarakat, pasalnya mereka tidak bersuara ketika saluran air tumpat, jalan berlobang, jalan kupak-kapik dan lampu jalan umum mati.

Kondisi ini kata Henry Jhon, bisa dikarenakan Camat hanya melakukan kegiatan di internal Kecamatan. Padahal kegiatan untuk pengembangan kemasyarakatan itu ada.

“Atau suara mereka tidak didengar oleh OPD, kalau itu yang terjadi tentu kita sayangkan, padahal kerja Camat harus gesit. Karena bagaimana terbentuknya “wajah” kota Medan itu ada di kecamatan,” tegasnya.

Ia menyarankan agar anggaran Kecamatan disebarluaskan ke keluarahan sampai lingkungan, salah satunya untuk mengaktifkan kembali Siskamling (sistim keamanan lingkungan) di setiap kelurahan. Karena setengah anggaran untuk gaji pegawai, tentunya anggaran kesejahteraan rakat harus menjadi prioritas.

“Kan ada anggaran untuk PAUD, pengentasan kemiskinan, olahraga, untuk pemuda dan olahraga dan lainnya. OPD harus memanfaatkan camat, suara mereka jangan diabaikan. Karena mereka yang terjun langsung ke masyarakat sehingga peran camat sangat penting di dalam mendukung program pembangunan Medan rumah kita,” pungkasnya.

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *