GENERASI NEWS

Kategori

Pemko Medan Telah Membentuk TKT Menangani Permasalahan Virus Kolera

Ketua DPRD Medan Hasyim SE mengatakan, Pemerintah Kota Medan telah membentuk Tim Khusus Terpadu (TKT) untuk menangani permasalahan virus kolera babi dan ratusan bangkai yang ditemukan di sejumlah sungai di Kota Medan.


Kehadiran tim tersebut harus mengatasi permasalahan secara paripurna termasuk menyiapkan lahan untuk penguburan secara massal bangkai babi dan yang positif terkena virus. Tim harus segera mencari solusi agar virus tidak meluas terhadap babi yang sehat.

“TKT harus bisa secepat mungkin mencari vaksin mencegah virus kolera mewabah ke peternakan lainnya. Selain itu, babi yang sudah mati harus dikubur massal atau dibakar, untuk itu lahannya harus disediakan agar tidak dibuang pemiliknya ke sungai,” kata Hasyim kepada wartawan, Selasa (12/11) di ruang kerjanya.

Lanjut Hasyim, tim harus mendatangi peternak milik nperusahaan atau ternak milik rumah tangga sekaligus melihat kondisi hewan yang masih hidup. Apakah masih sehat atau sudah ada tanda-tanda terkena virus sehingga harus dimusnahkan.

Untuk itu, kata politisi PDI Perjuangan ini, semua tugas tim harus terintegrasi, mulai mencari sumber virus, kenapa bisa mewabah di Sumut, khususnya Kota Medan. Kemudian mencari vaksin serta menyiapkan tempat penguburan massal.

“Karena virus ini sudah mewabah, di Medan saja sudah ratusan ekor ternak babi yang mati, makanya tim harus ikut mengatasinya. Himbau warga peternak aga melaporkan hewannya yang mati agar bisa ditampung dalam satu tempat untuk dikubur atau dibakar/dimusnahkan,” terangnya.

Hewan yang mati sampai ratusan ekor kalau dibuang ke sungai akan menimbulkan pencemaran dan penyakit bagi warga sekitar. Kalau dibiarkan berlarut akan menimbulkan protes dari warga, untuk itu dia menyarankan tim harus cepat bertindak agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Ini menjadi masalah serius dan perlu koordinasi dari kita semua. Apalagi kejadian ini telah menjadi konsumsi pemberitaan di tingkat nasional. Oleh karenanya, perlu penanganan ekstra sebagai bentuk tanggung jawab kita sebagai pemerintah. Aroma busuk yang ditimbulkan bangkai babi cukup mengganggu warga, jangan saling mencari kesalahan.

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *