GENERASI NEWS

Kategori

Jelang Pemilu, Polres Sergai Melaksanakan Kegiatan Lat Pra Ops Terpusat Mantab Brata Toba 2023-2024


GENERASINEWS.COM SERGAI -
Polres Sergai melaksanakan kegiatan Lat Pra Ops Terpusat Mantap Brata Toba Tahun 2023 - 2024 dalam rangka Pengamanan Pemilu Tahun 2024 di wilayah hukum Polres Serdang Bedagai bertempat di Aula Patriatama Polres Serdang Bedagai, kamis (12/10/2023) pukul 10.00 wib.


Adapun kegiatan Lat Pra Operasi Kepolisian Terpusat Mantap Brata Toba 2023 - 2024 di Wilayah Hukum Polres Serdang Bedagai dipimpin oleh Kapolres Serdang Bedagai AKBP OXY YUDHA PRATESTA, S.I.K.


Dalam sambutannya, Kapolres Serdang Bedagai mengatakan bahwa Pelatihan Pra Operasi Kepolisian Terpusat Mantap Brata Toba 2023 - 2024 dalam rangka Pengamanan Pemilu Tahun 2024 di Wilayah Hukum Polres Serdang Bedagai resmi dibuka. 


Adapun tujuan dilaksanakannya Lat Pra Operasi Kepolisian Terpusat Mantap Brata Toba 2023 - 2024 ini, dalam rangka untuk mengetahui apa yang menjadi target operasi dan diharapkan kepada seluruh personil untuk melakukan tugas dan peran masing - masing dalam rangka Operasi Kepolisian Terpusat Mantap Brata Toba 2023 - 2024," ucap Kapolres Oxy.


Kemudian, Kabag OPS Polres Sergai dalam paparnya mengatakan, Bahwa Kab. Serdang Bedagai yang berada di Wilayah Hukum Polres Serdang Bedagai terdiri dari 12 Kecamatan, 6 Kelurahan dan 171 Desa.  


Yang mana pelaksanaan Operasi Kepolisian Terpusat Mantap Brata Toba 2023 - 2024 dilaksanakan selama 222 hari, dengan rincian 74 hari di Tahun 2023 dan 148 hari di Tahun 2024. 


" Lanjutnya lagi, adapun pelaksanaan Pemungutan Suara Pemilu serentak Tahun 2024 dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2023, karna tujuan dilaksanakannya Lat Pra Operasi Kepolisian Terpusat Mantap Brata Toba 2023 - 2024 di wilayah hukum Polres Serdang Bedagai untuk melaksanakan pengamanan dan memastikan berjalannya setiap tahapan Pemilu. 


Adapun jumlah TPS pada Pemilu Tahun 2024 di wilayah hukum Polres Serdang Bedagai 1.652, dan yang menjadi Target Operasi adalah, orang, benda, lokasi, dan kegiatan.


Dalam pengamanan TPS setiap personil akan terkoneksi dengan Aplikasi SOT Presisi sehingga memudahkan dalam hal monitoring situasi terkini di setiap TPS," kata Kabag Ops.


" Selanjutnya, kasat Intelkam Polres Serdang Bedagai dalam paparnya mengatakan bahwa saat ini, tahapan Pemilu adalah verifikasi administrasi rancangan DCT yang akan ditetapkan pada tanggal  03 Nopember 2023. 


Yang mana jumlah Partai Politik di wilayah hukum Polres Serdang Bedagai sebanyak 18 Partai, dan beberapa Penetapan dapil yaitu :

- Dapil I meliputi Kec. Pantai Cermin dan Kec. Perbaungan.

- Dapil II meliputi Kec. Teluk Mengkudu dan Kec. Tanjung Beringin.

- Dapil III meliputi Kec. Sei Rampah, Kec. Pegajahan dan Kec. Sei Bamban

- Dapil IV meliputi Kec. Sipispis, Kec. Masihul, Kec. Kotarih, Kec. Silinda, Kec. Serba Jadi dan Kec. Bintang Bayu

- Dapil V meliputi Kec. Bandar Khalifah, Kec. Dolok Merawan, Kec. Tebing Tinggi, dan Kec. Tebing Syahbandar. 

- dan jumlah kursi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kab. Serdang Bedagai berjumlah 45 Kursi. 


" Lanjutnya lagi, Diharapkan kepada seluruh personil yang melaksanakan tugas Ops Mantap Brata Toba Tahun 2024 khususnya yang melaksanakan tugas Pam TPS agar koordinasi dan membangun komunikasi yang baik dengan PPK dan Panwascam serta KPPS  terkait antisipasi kendala- kendala yang terjadi di lapangan. 


Adapun DPT (Daftar Pemilih Tetap) yang berada di wilayah hukum Polres Serdang berjumlah : 371.566 yang terbagi dari Laki laki 184.785 dan jumlah Perempuan 186.718. 


Dalam tahapan inti Pemilu Tahun 2024 dan kerawanan-kerawanannya meliputi tahap kampanye, tahap masa tenang, tahap pungut dan hitung suara, dan tahap rekapitulasi suara," kata kasat intelkam.


Selanjutnya, kasat Samapta Polres Serdang Bedagai dalam paparnya mengatakan, bahwa Sat Samapta Polres Serdang Bedagai sudah melaksanakan kegiatan Patroli Perintis Presisi dengan menyambangi Kantor KPU, Kantor Bawaslu dan Kantor - Kantor Partai guna mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas menjelang Pemilu Tahun 2024," ucap sat samapta.


Kemudian, kasat Reskrim Polres Serdang Bedagai dalam paparnya mengatakan, adapun tugas pokok Gakkumdu dalam Ops Mantap Brata Toba Tahun 2023 - 2024, melakukan Penyelidikan dan Penyidikan terhadap pelanggaran tindak pidana terjadi pada setiap tahapan Pemilu, dan kepada seluruh Personil Polres Serdang Bedagai diharapkan netral dan tidak memihak kepada salah satu peserta pemilu," kata kasat reskrim.


Selanjutnya, kasat Lantas Polres Serdang Bedagai dalam paparnya mengatakan, bahwa Sat Lantas Polres Serdang Bedagai sudah dilakukan menjelang Pemilu Tahun 2024 yaitu Giat Pelatihan Pengawalan, Giat Pelatihan Penanganan TPTKP Laka Lantas, dan adapun bentuk pelanggaran Lalu Lintas selama kegiatan Pemilu adalah Pelanggaran Lalu Lintas pada saat kampanye," kata kasat lantas.


Kemudian, Kasi Propam Polres Serdang Bedagai dalam paparnya mengatakan, adapun tugas pokok Si Propam yaitu : 

- Melakukan pengecekan terhadap kehadiran Personil yang terlibat dalam Ops Mantap Brata Toba Tahun 2023 - 2023. 

- Melaksanakan pengawasan dan pencegahan terhadap anggota Polri yang terlibat dalam Ops Mantap Brata Toba Tahun 2023 - 2024 agar tidak terjadi pelanggaran/penyimpangan dan tertib nya kegiatan Ops Mantap Brata Toba 2023 - 2024. 

- dan melakukan mitigasi kepada Personil Polres Serdang Bedagai guna menghindari terjadi pelanggaran Anggota Polri khususnya pada saat Ops Mantap Brata Toba Tahun 2023 - 2024," kata kasi Propam.


Dengan dilaksanakan kegiatan Lat Pra Ops Terpusat Mantap Brata Toba Tahun 2023 - 2024 dalam rangka Pengamanan Pemilu Tahun 2024 di Wilayah Hukum Polres Serdang Bedagai diharapkan kepada seluruh personil dapat memahami target operasi dan peran masing - masing dalam rangka Operasi Kepolisian Terpusat Mantap Brata Toba 2023 - 2024 guna berlangsung nya setiap tahapan Pemilu Tahun 2024 berjalan dengan baik.


Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh : 

- Kapolres Serdang Bedagai AKBP OXY YUDHA PRATESTA, S.I.K.

- Kabag Ops Polres Serdang Bedagai KOMPOL L.S. SIREGAR, S.H.

- Kabag Sumda Polres Serdang Bedagai KOMPOL S.P ANAK AMPUN, S.H.

- Kasat Reskrim Polres Serdang Bedagai AKP J.H PANJAITAN, S.Sos., S.H. M.Hum.

- Kasat Intelkam Polres Serdang Bedagai AKP SISWOYO.

- Kasat Lantas Polres Serdang Bedagai AKP ANDITA SITEPU, S.H.

- Kasat Samapta Polres Serdang Bedagai AKP SILVESTER BUTAR BUTAR.

- Kasat Binmas Polres Serdang Bedagai AKP ROYAMMBER PANJAITAN, S.E.

- Kasi Propam Polres Serdang Bedagai AKP ADI SANTIKA, S.H.

- Para Kapolsek Jajaran Polres Serdang Bedagai

- dan Personil Polres Serdang Bedagai yang terlibat dalam Ops Mantap Brata Toba Tahun 2023 - 2024 di wilayah hukum Polres Serdang Bedagai. 


Kegiatan berakhir pukul 15.00 WIB, selama kegiatan berlangsung berjalan dalam keadaan aman dan kondusif. 

(ALFI)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *