GENERASI NEWS

Kategori

Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Mantap Brata Toba Tahun 2023 - 2024 di wilkum Polres Sergai


GENERASINEWS.COM SERGAI -
Polres sergai melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Operasi Mantab Brata Toba Tahun 2024 di wilayah hukum Polres Serdang Bedagai bertempat di Aula TMC Polres Serdang Bedagai, Jum'at (06/9/10/2023) sekira pukul 14.30 wib. 


Kegiatan tersebut dihadiri oleh : (Bupati Serdang Bedagai diwakili oleh Asisten I Kab. Serdang Bedagai NINA DELIANA HUTABARAT S.Sos. M.Si.), (Kapolres Serdang Bedagai diwakili oleh Waka Polres Serdang Bedagai KOMPOL DAMOS C. ARITONANG S.I.K. M.H), (Dandim 0204 Deli Serdang diwakili oleh Danramil 0204 - 10 Sei Rampah KAPTEN INF. SUCIPTO), (Ketua DPRD Kab. Serdang Bedagai diwakili oleh Wakil Ketua DPRD Kab. Serdang Bedagai SISWANTO), (Kepala Kejaksaan Negeri Sei Rampah diwakili oleh Kasi Intel Kejari Sei Rampah ROMEL TARIGAN, S.H.), (Ketua Pengadilan Negeri Sei Rampah (RIO BARTEN T.H), (Asisten III Pemkab. Serdang Bedagai Drs. NASRUL AZIZ SIREGAR), (Ketua KPU Kab. Serdang Bedagai FUAD HASAN LUBIS, S.Sos, M.Si.), (Ketua Bawaslu Kab. Serdang Bedagai EWIN SAHPUTRA SARAGIH), (Ketua MUI Kab. Serdang Bedagai H. HASFUL HUZNAIN), (Ketua FKUB Kab. Serdang Bedagai diwakili oleh SAKARONI S.H.), 


Kemudian, (Tokoh Agama Kab. Serdang H.USMAN), (Kabag Ops Polres Serdang Bedagai KOMPOL L.S SIREGAR S.H.), (Kasat Reskrim Polres Serdang Bedagai AKP J.H PANJAITAN, S.Sos., S.H. M.Hum.), (Kasat Intelkam Polres Serdang Bedagai AKP SISWOYO), (Kasat Lantas Polres Serdang Bedagai AKP ANDITA SITEPTU, S.H.), (Para Kapolsek Jajaran Polres Serdang Bedagai), (Kadis Pol PP Kab. Serdang Bedagai diwakili oleh Sekretaris Dinas Pol PP Kab. Serdang Bedagai NAZARUDDIN), (Kadis Perhubungan Kab. Serdang Bedagai diwakili oleh Kasi Keselamatan Dinas Perhubungan Kab. Serdang Bedagai ALWI LUBIS), (Kadis Kesehatan Kab. Serdang Bedagai diwakili oleh Kasi Layanan Primer Dinas Kesehatan Kab. Serdang Bedagai NINDA WAHYUNI), Dan (Subdenpom 1/1-3 Lubuk Pakam diwakili oleh PELTU RAHMAT. R).


Dalam kata sambutannya, Wakapolres Serdang Bedagai mengucapkan terimakasih kepada seluruh undangan yang bersedia hadir dalam kegiatan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Mantap Brata Toba Tahun 2023 - 2024 di wilayah hukum Polres Serdang Bedagai. 


Adapun kegiatan kegiatan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Mantap Brata Toba Tahun 2023 - 2024 dilaksanakan sebagai bentuk kesiapan kita bersama menjelang Pemilu serentak Tahun 2024. 


Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Mantab Brata Toba Tahun 2023 - 2024 ini merupakan rapat awal dan akan dilakukan kembali rapat Koordinasi Lintas Sektoral kedepannya sebagai tindak lanjut kesiapan kita dalam proses tahapan Pemilu Tahun 2024. 


Kami berharap dalam hal percepatan informasi terkait jalannya Proses tahapan Pemilu di Kab. Serdang Bedagai kita dapat membuat Grup WA yang terdiri dari berbagai instansi yang ada di Kab. Serdang Bedagai demi lancarnya proses tahapan Pemilu serentak tahun 2024," ucap Wakapolres Sergai.


Selanjutnya, Ketua Pengadilan Negeri Sei Rampah dalam sambutannya mengatakan bahwa Pengadilan Negeri Sei Rampah mendukung Polres Serdang Bedagai dalam kegiatan Operasi Mantap Brata Toba Tahun 2023 - 2024. 


Kami berharap Proses tahapan Pemilu Tahun 2024 di Kab. Serdang Bedagai dapat berjalan dengan baik tanpa adanya pidana pemilu. 


Untuk tidak terjadinya pidana pemilu, maka ada kerjasama bagi kita untuk mencegahnya, bahwa apabila terjadi tindak pidana pemilu, selama 7 hari harus sudah di putuskan," ucap ketua PN Sei Rampah.


Kemudian Ketua KPU Serdang Bedagai dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Polres Serdang Bedagai yang sudah mengadakan kegiatan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Mantap Brata Toba Tahun 2023 - 2024 di wilayah hukum Polres Serdang Bedagai. 


Terkait dengan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Mantap Brata Toba Tahun 2024, KPU Serdang Bedagai selaku penyelenggara sudah menjalani selama 16 bulan dari 20 bulan jalannya proses Tahapan Pemilu Tahun 2024. 


Bahwa selama tahapan yang sudah dijalani, berjalan dengan lancar tidak ada kendala maupun sengketa, dan adapun tahapan yang sudah terlaksana yaitu : 

-Perekrutan badan adhoc. 

-Penetapan Dapil dan alokasi kursi.

- Dapil I meliputi Kec. Pantai Cermin dan Kec. Perbaungan.

- Dapil II meliputi Kec. Teluk Mengkudu dan Kec. Tanjung Beringin.

- Dapil III meliputi Kec. Sei Rampah, Kec. Pegajahan dan Kec. Sei Bamban

- Dapil IV meliputi Kec. Sipispis, Kec. Masihul, Kec. Kotarih, Kec. Silinda, Kec. Serba Jadi dan Kec. Bintang Bayu

- Dapil V meliputi Kec. Bandar Khalifah, Kec. Dolok Merawan, Kec. Tebing Tinggi, dan Kec. Tebing Syahbandar. 


Adapun jumlah kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kab. Serdang Bedagai berjumlah 45 kursi. 


Lanjutnya lagi, Bahwa Daftar Pemilih Tetap di Kab. Serdang Bedagai berjumlah 482.433 Pemilih, dan sudah melaksanakan tahapan Pencermatan Daftar Calon Sementara dan saat ini menuju tahapan Penetapan Daftar Calon Tetap. 

Adapun tahapan yang belum terlaksana, yaitu : 

- Penetapan DCT Pemilihan Anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi. 

- Penetapan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden dan itu di KPU Pusat. 

- Logistik Pemilu Tahun 2024 masih dalam tender. 

- Pendistribusian Logistik. 

- Proses Pemungutan Suara. 

- Rekapitulasi Perhitungan Suara. 

- Penetapan Calon Terpilih. 


KPU Kab. Serdang Bedagai berharap agar stakeholder dapat membantu untuk mensukseskan Pemilu Tahun 2024 meliputi, dan berperan aktif dalam mensosialisasikan Pemilu tahun 2024 kepada masyarakat agar kiranya partisipasi dalam mensukseskan Pemilu Tahun 2024," ucap ketua KPU Sergai.


Selanjutnya ketua Bawaslu Kab. Serdang Bedagai dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas undangan dalam kegiatan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Mantap Brata Toba Tahun 2023 - 2024. 


Dalam pengawasan jalannya proses tahapan Pemilu Tahun 2024, Bawaslu Kab. Serdang Bedagai melaksanakan tugas secar maksimal dalam setiap proses tahapan yang dilaksanakan oleh KPU Kab. Serdang Bedagai. 


Bahwa saat ini Bawaslu Kab. Serdang Bedagai melakukan pengawasan tahapan Pencermatan Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kab. Serdang Bedagai, dan sudah melakukan perekrutan badan adhoc. 


Dalam pelaksanaan tugas pengawasan, Bawaslu Kab. Serdang Bedagai mengutamakan pencegahan, dan kami berharap kerjasama stakeholder dari instansi terkait untuk mendukung jalannya proses tahapan Pemilu Tahun 2024," ucap ketua Bawaslu Sergai.


Lanjutnya lagi, Adapun tantangan yang dihadapi Bawaslu Kab. Serdang Bedagai seperti :

- Regulasi tidak berubah. 

- Tahapan saling beririsan. 

- Transisi Penyelenggara KPU dan Bawaslu.

- Beban penyelenggara yang semakin besar.


Dan, Problematika yang dihadapi Bawaslu Kab. Serdang Bedagai yaitu :

- Kerumitan di tahapan krusial yang memiliki potensi pengulangan PSU seperti tahun 2019.

- Pemilu menggunakan 5 surat suara.

- dan, Isu hoax, SARA.


Selanjutnya, Kabag Ops Polres Serdang Bedagai, dalam paparannya mengucapkan terimakasih kepada seluruh undangan yang sudah bersedia hadir dalam kegiatan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Mantab Brata Toba Tahun 2023 - 2024. 


Adapun jumlah TPS pada Pemilu Tahun 2024 di wilayah hukum Polres Serdang Bedagai 1.652, dan daftar Pemilih Tetap 371.566. 


Dalam menghadapi Proses tahapan Pemilu Tahun 2024, Polres Serdang Bedagai siap menghadapi Pemilu Tahun 2024. 


Yang mana Polres Serdang Bedagai sudah menyiapkan Posko Pemilu Tahun 2024, dan Polres Serdang Bedagai sudah melaksanakan latihan Sispamkota terhadap Personil Polres Serdang Bedagai sebagai bentuk kesiapan menjelang Pemilu Tahun 2024. 


Sehingga kami berharap dukungan stakeholder terkait dalam proses tahapan Pemilu Tahun 2024. 


Adapun Personil Polres Serdang Bedagai yang dapat dimaksimalkan dalam Ops Mantap Barta Toba Tahun 2023 - 2024 berjumlah 436 Personil, dan Pola yang digunakan yaitu 2 Pers Polri mengamankan 12 TPS dengan 24 Linmas. 


Kami berharap untuk percepatan informasi dalam mendukung proses tahapan Pemilu Tahun 2024, kita dapat membuat grup WA atau menetapkan LO dari setiap instansi," ucap Kabag Ops Polres Sergai.


Kemudian, Asisten I Kab. Serdang Bedagai dalam kata sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Polres Serdang Bedagai yang sudah mengadakan kegiatan Rapat Koordinasi Operasi Mantab Brata Toba Tahun 2023 - 2024 di wilayah hukum Polres Serdang Bedagai. 


Kami Pemerintah Kab. Serdang Bedagai siap bekerjasama untuk mensukseskan jalannya Ops Mantap Brata Toba 2023 - 2024 di wilayah hukum Polres Serdang Bedagai," ucap asisten I Sergai.


Kami Pemerintah Kab. Serdang Bedagai mengapresiasi KPU Kab. Serdang Bedagai yang sudah bekerja maksimal sampai saat ini, dan kami Pemerintah Kab. Serdang Bedagai menyarankan kepada KPU dalam hal gudang KPU dapat memanfaatkan Gedung Juang atau  Replika sebagai gudang KPU Kab. Serdang Bedagai. 


Terkait netralitas ASN, Bapak Bupati Serdang Bedagai selalu mengingatkan seluruh ASN untuk tetap netral dalam pemilu serentak Tahun 2024, dan kami Pemerintah Kab. Serdang Bedagai menyarankan untuk melibatkan Kominfo untuk mencounter berita negatif atau isu hoax dalam proses tahapan Pemilu Tahun 2024," tutupnya.


Kegiatan berakhir pukul 16.00 WIB, dilanjutkan dengan foto bersama. 

(ALFI)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *