GENERASI NEWS

Kategori

PTPN III Salurkan Dana Kemitraan kepada 23 UKM


Medan, Generasinews.com, – PT Perkebunan Nusantara III (Persero) kembali menyalurkan dana kemitraan dari Program Kemitraan dan Bina Lingkungan di triwulan ketiga kepada 23 UMKM (mitra binaan) di aula Elaeis Guinensis Jalan Sei Batanghari, Medan, Senin (6/8/2018).

Dengan rincian penerima pinjaman bergulir yang baru 12 UKM dan sisanya 11 UKM adalah mitra binaan lama yang dianggap berhasil kemudian mengajukan pinjaman kedua kali.

Mitra binaan baru pada triwulan ketiga adalah UMKM yang berdasarkan survey dan penilaian yang dilakukan oleh tim dari bagian PKBL.  Para pengusaha kecil dan menengah yang dinilai tersebut kemudian dianggap mampu dan bisa mengembangkan sektor usahanya dari bantuan dana kemitraan kemudian diberikan pinjaman yang ditransfer langsung ke nomor rekening pengusaha setelah melalui serangkaian penilaian dan tahapan pelatihan selama dua hari yakni pada tanggal 6-7 Agustus 2018.

Gusmar Harahap, mengatakan kepada para UKM bahwa pada prinsipnya pinjaman hanya bisa diberikan sebanyak tiga kali kepada mitra binaan yang sama dan total pinjaman tertinggi sebanyak Rp 200 juta. “PTPN III sangat berharap usaha para UKM bias berhasil dan menjadi mandiri,” katanya.

Untuk meningkatkan kompetensi dalam berwirausaha, pelaku UMKM diberikan pelatihan dan pengarahan. Menurut Tengku Rinel, Kepala Bagian PKBL PTPN III pelatihan dan pengarahan tersebut antara lain dari mitra binaan yang sukses agar menjadi motivasi bagi mitra binaan baru dan memiliki kiat menjadi pengusaha kecil yang sukses. Materi kewirausahaan, etika dan komunikasi Bisnis disampaikan oleh Drs. Agus Deni Sukanda, MSi dari Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian dan ceramah agama oleh H. Sultoni Trikusuma, tambahan materi dari internal PKBL disampaikan oleh Tengku Rinel, Kepala Bagian PKBL dan materi teknik penentuan calon mitra binaan di ruang assessment centre Kantor Unit kandir Medan.  Selain itu untuk menanggulangi risiko PTPN III bekerja sama dengan PT Asuransi Jasa Tania, Tbk di Medan untuk mengikuti program asuransi jiwa.  Untuk jaminan agunan dari para mitra binaan ke perusahaan, maka digunakan jasa notaris melalui Kantor Notaris Elza Mawarni, SH.

Ahmad Gusmar Harahap, SEVP SDM dan Umum PTPN III mengharapkan usaha yang dikelola para mitra binaan dapat meningkat lebih baik dan menyicil angsuran secara tepat waktu.  Ia juga mengingatkan bahwa bila kedapatan para penerima pinjaman dana bergulir ini memberikan tips kepada para petugas akan dikenai tindakan khusus kepada kedua belah pihak.

PTPN III juga mendatangkan seorang owner dari Dapur Usaha yang telah berhasil bernama Sri Susiani yang berbagi pengalamannya tentang tehnik mengelola usaha yang harus dimulai dari bisnis plan kemudian membuat langkah-langkah pemasaran. Susiani telah berhasil mengikuti pameran baik di tingkat lokal maupun nasional dan sering diundang untuk berbagi pengalaman mengelola bisnis kecil-kecilan.

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *