GENERASI NEWS

Kategori

Wali Kota Ajak Semua Bersama Tingkatkan Mutu dan Kualitas Pendidikan

 Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH   bertindak sebagai inspektur upacara  peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tingkat Kota Medan di halaman tengah SMP Negeri I Medan, Jalan Bunga Asoka, Kelurahan Asam Kumbang, Kecamatan Medan Selayang, Kamis (2/5).  Diharapkan peringatan ini dijadikan momentum  untuk menyatukan tekad guna menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan disertai niat yang ikhlas serta usaha keras tanpa kenal lelah.

            Upacara turut dihadiri Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM, sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan, kepala sekolah beserta guru-guru PAUD, TK, SD dan  SMP se-Kota Medan. Prosesi upacara yang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia itu dilakukan guna  memperingati Hari Ulang Tahun Bapak Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara tersebut berlangsung tertib dan penuh khidmat.

            Dalam arahannya membacakan pidato tertulis Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI  Prof dr Muhadjir Effendy disebutkan, kondisi ideal pendidikan dan kebudayaan nasional yang dicita-citakan masih jauh dari jangkauan. Untuk itu harus terus berusaha keras memperluas akses pendidikan yang berkualitas.

            “Kemudian terus menerus mengalibrasi praktik pendidikan agar memiliki presisi atau ketelitian yang tinggi sesuai dengan tuntutan masyarakat, lapangan pekerjaan serta kebutuhan pembangunan,” kata Wali Kota.

            Di samping itu guna memajukan dunia pendidikan imbuh Wali Kota, pemerintah saat ini terus membangun infrastruktut pendidikan dan kebudayaan. Lalu diikuti dengan penguatan sumber daya manusia (SDM) agar menjadi model yang andal dan siap menghadapi perubahan zaman yang melaju kecang, komplek, tak terduga dan multiarah.

            “Oleh karena itu mulai tahun ini, Presiden  Joko Widodo dan Wakil Presiden  Jusuf Kalla mencanangkan prioritas pembangunan pada penguatan SDM. Disinilah perah dan tanggung jawab pendidikan dan kebudayaan akan semakin besar,” ungkapnya.

            Usai upacara, mantan Wakil Wali Kota dan Sekda Kota Medan itu berharap agar seluruh insan pendidikan di Kota Medan dapat menjiwai semangat Ki Hajar Dewantara dalam memajukan dunia pendidikan. Dengan semangat itu diharapkan pendidikan di Kota Medan bisa lebih baik dan maju ke depannya.

            “Di samping itu saya juga mengajak seluruh insan pendidikan di Kota Medan untuk bersama mewujudkan amanat Menteri Pendidikan sesuai dengan tema Hardiknas yang diusung tahun ini yakni, “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan. Insya dengan kebersamaan, kita dapat mewujudkannya,” paparnya.

            Selanjutnya dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Kota Medan, jelas Wali Kota, Pemko Medan melalui Dinas Pendidikan Kota Medan akan terus mendorong peningkatkan SDM  para pengajar sehingga semakin profesional di bidangnya. Kemudian diikuti dengan perbaikan sarana dan prasarana pendidikan, termasuk fasilitas pendukung pendidikan.

.           “Kita harapkan upaya yang kita lakukan ini mendapat dukungan penuh semua pihak, teruma seluruh stakeholder pendidikan yang ada di Kota Medan. Saya yakin dengan dukungan semua penuh, kita mampu meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Kota Medan yang kita cintai bersama,” ujarnya optimis.

            Di sela-sela upaya, Wali Kota menyerahkan SK Purnabakti Pensiun kepada sejumlah  insan pendidikan di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Medan yang akan mengakhiri masa darma baktinya. Sambil menyerahkan SK, Wali Kota pun menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih atas pengabdian yang telah dilakukan selama ini.

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *