GENERASI NEWS

Kategori

Sabar Syamsurya Menyayangkan Perbuatan Pedagang

Kepala Satuan Polisi (Kasatpol) Pamong Praja (PP) Kota Medan, M Sofyan, mendapat perlakuan tak menyenangkan saat kembali melakukan penertiban pedagang Warkop depan RS Elisabeth Medan, Rabu (7/8/2019).


Dia disiram air panas oleh pedagang saat akan menertibkan pedagang yang kembali berjualan pasca penertiban beberapa waktu lalu.

Ketua Komisi I DPRD Kota Medan, Sabar Syamsurya Sitepu, sangat menyayangkan perbuatan pedagang tersebut. “Kenapa harus seperti itu. Itu sudah pidana. Satpol PP itu bertindak ada dasar hukumnya, Perda. Jangan seperti itu, sudah tindak pidana kalau seperti itu,” kata Sabar Sitepu kepada wartawan di DPRD Kota Medan, Rabu (7/8/2019).

Sabar mengatakan, dirinya memahami permasalahan yang dialami pedagang Warkop Elisabeth. Namun, dia mendukung langkah Satpol PP untuk melaporkan peristiwa tersebut ke pihak Kepolisian.

“Ini negara hukum. Tak bisa suka-suka hati di Republik ini. Kalau pedagang mau protes, silahkan, ada jalurnya. Bukan seperti ini, ini sudah tindak pidana. Kepolisian harus mengusutnya, cari tahu siapa aktor intelektualnya,” tegas Sabar.

Jika pedagang tidak senang ditertibkan, kata Sabar, harusnya melakukan penolakan dengan cara baik pula. “Ini bukan mau Satpol PP. Ini perintah dari aturan. Mereka dilindungi Undang-undang. Masalah suka atau tidak suka, itu nomor 18, yang pertama itu aturan harus ditegakkan. Silahkan protes, tapi gunakan jalur yang baik pula. Ini negara hukum,” ungkapnya.

Senada dengan itu Wakil Ketua Komisi I, Zulkarnain Yusuf Nasution, menilai tak sepantasnya Satpol-PP mendapat perlakuan seperti itu.

“Satpol-PP hanya menjalankan aturan. Kalau mau protes ada caranya. Itu sudah pidana. Saya tak bela siapapun disini, saya paham perasaan pedagang,” katanya.

Dirinya juga mendukung langkah Satpol PP dengan melaporkannya kepada pihak Kepolisian. “Kita dukung langkah Satpol PP untuk melaporkan perbuatan pedagang ke pihak Kepolisian. Kalau dibiarkan, kedepan akan banyak yang melakukan hal serupa ke Satpol PP,” ujarnya.

Sementara Sekretaris Satpol PP Kota Medan, Rahmad Harahap, mengatakan pihaknya sudah melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Medan Kota.

“Waktu kejadian saya tak di lokasi. Tapi yang jelas kita langsung melaporkan kejadian itu ke Polsek Medan Kota. Kondisi pak Kasat sudah lumayan. Tapi anggota kita yang satu lagi masih dirawat di RS Elisabeth,” jelasnya.

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *